Wednesday, April 13, 2016

Hakikat Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia - Suatu rangkaian proses dalam menangani berbagai macam permasalahan yang terjadi di jajaran karyawan, pegawai, buruh, dan manajer serta tenaga kerja lainnya disebut manajemen sumber daya manusia yang bertujuan sebagai perangsang kegiatan perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dalam sebuah organisai atau perusahaan biasanya terdapat HRD atau Human Resource Department atau departemen sumber daya manusia yang merupakan unit atau bagian yang umumnya menangani masalah Sumber Daya Manusia ( SDM ).

Manajemen sumber daya manusia berdasarkan pendapat dari A.F. Stoner diartikan sebagai suatu rangkaian prosedur yang berkesinambungan yang memiliki tujuan untuk memasok orang - orang yang ahli untuk dipekerjakan pada posisi dan jabatan yang sesuai dengan keahliannya pada saat diperlukan di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Selain mencakup desain sistem perencanaan dan penyusunan karyawan serta pengembangan karyawan, manajemen sumber daya manusia juga menyangkut pengelolaan karier dan evaluasi kinerja serta kompensasi karyawan dan juga keterkaitan yang baik dengan ketenagakerjaan. Keputusan dan praktik manajemen secara menyeluruh yang mana memberi pengaruh terhadap Sumber Daya Manusia ( SDM ) secara langsung, juga dilibatkan di dalam manajemen sumber daya manusia.

Berdasarkan pendapat para ahli mengenai pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) akan dijelaskan sebagai sebagai berikut :

1. Berdasarkan Melayu SP. Hasibuan, manajemen sumber daya manusia merupakan hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien yang diatur oleh suatu ilmu dan seni untuk membantu mewujudkan tujuan dari perusahaan dan karyawan serta masyarakat.

2. Henry Simamora memberikan pengertian manajemen sumber daya manusia selain sebagai pendayagunaan dan pengembangan serta penilaian, manajemen sumber daya manusia juga memberikan balasan jasa dan juga pengelolaan kepada orang – orang yang mana merupakan anggota atau kelompok bekerja dalam suatu organisai atau perusahaan.

3. Sedangkan menurut ahli bernama Achmad S. Rucky, implementasi dengan cara yang tepat dan efektif di dalam suatu proses akusis dan pendayagunaan,
serta sebuah organisasi yang memiliki individu untuk dikembangkan dan dipelihara secara efektif, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan dayaguna yang maksimal.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment